SD
: 6 DALAM KAUM
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IV / II
Standar / Kompetensi : 5. Menjumlahkan dan mengurangkan
bilangan bulat
Kompetensi Dasar : 5.2 Menjumlahkan bilangan bulat
Indikator : 5.2.1 Menjumlahkan
bilangan bulat positif dengan bilangan bulat negatif.
5.2.2 Menjumlahkan bilangan bulat negatif dengan
bilangan bulat positif.
Alokasi Waktu : 1 x 30 Menit
A. Tujuan
Pembelajaran
Melalui
diskusi, tanya jawab, dan demontrasi siswa dapat :
1. Menjumlahkan bilangan bulat positif dengan
bilangan bulat negatif.
2. Menjumlahkan bilangan bulat negatif dengan
bilangan bulat positif
B. Materi
Ajar
a. Penjumlahan bilangan bulat positif dengan
bilangan bulat negatif dengan bantuan kartu positif dan kartu negatif. Misalnya
:
9 + ( -5 ) = ....
Langkah-langkah penyelesaiannya
:
1) Ambil 9 kartu positif
2) Ambil 5 kartu negatif
3) Pasangkan kartu positif dengan kartu
negatif
4) Hitunglah sisa kartunya
5) Ternyata sisa kartunya bertanda positif
jumlahnya ada 4 maka hasil dari 9 + ( -5 ) = 4
Catatan :
Kartu positif dipasangkan dengan kartu negatif hasilnya sama dengan 0
b. Penjumlahan bilangan bulat negatif dengan
bilangan bulat positif dengan bantuan kartu positif dan kartu negatif. Misalnya
:
a.
– 8 +
3 = ....
Langkah-langkah penyelesaiannya
:
1) Ambil 8 kartu negatif
2) Ambil 3 kartu positif
3) Pasangkan kartu positif dengan kartu
negatif
4) Hitunglah sisa kartunya
5) Ternyata sisa kartunya bertanda negatif
jumlahnya ada 5 maka hasil dari – 8 + 3 = - 5
Catatan :
Kartu positif dipasangkan dengan kartu negatif hasilnya sama dengan 0
C. Metode Pembelajaran
Demonstrasi,
tanya jawab dan kerja kelompok
D.
Langkah-Langkah
Pembelajaran :
1.
Kegiatan
Awal :
a.
Siswa
mendengarkan dan memperhatikan pertanyaan dari guru tentang penjumlahan bilangan
bulat positif dengan bilangan bulat negatif dan penjumlahan bilangan bulat
negatif dengan bilangan bulat positif. Misalnya : Berapakah hasil dari 3 + ( -2
) = .... (apersepsi)
b.
Siswa
mendengarkan dan memperhatikan penjelasan singkat dari guru tentang materi,
tujuan, atau kompetensi dasar yang akan dicapai oleh siswa.
c.
Guru
memotivasi dan mengajak siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
2.
Kegiatan
Inti :
a.
Eksplorasi
:
1)
Siswa
mendengarkan dan memperhatikan pertanyaan dari guru yaitu : berapakah hasil
dari 9 + ( -5 ) ? dan berapakah hasil dari – 8 + 3 ?
2)
Dengan
bimbingan guru melalui demonstasi, siswa mencari jawaban dari 9 + ( -5 ) dan –
8 + 3 dengan kartu positif dan kartu
negatif
3)
Dengan
bimbingan guru, siswa berdiskusi di dalam kelompoknya kecil (satu bangku/meja) untuk
menemukan pola penggunaan kartu positif dan kartu negatif untuk menyelesaikan
soal 9 + ( -5 ) dan – 8 + 3
4)
Siswa
membuat catatan hasil pengamatan dan identifikasi pola penggunaan kartu positif
dan kartu negatif terhadap penjumlahan bilangan bulat positif dan bilangan
bulat negatif.
5)
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang penjumlahan bilangan
bulat positif dan bilangan bulat negatif dengan menggunakan kartu positif dan
kartu negatif.
b.
Elaborasi
:
1)
Siswa
membaca dan menulis pola penyelesaian penjumlahan bilangan bulat positif dengan
bilangan bulat negatif dan penjumlahan bilangan bulat negatif dengan bilangan
bulat positif dengan kartu positif dan kartu negatif di papan tulis.
2)
Salah
seorang siswa diminta untuk mengemukan pendapat tentang pola penyelesaian
penjumlahan bilangan bulat positif dengan bilangan bulat negatif dan
penjumlahan bilangan bulat negatif dengan bilangan bulat positif dengan kartu
positif dan kartu negatif.
3)
Guru
menjelaskan dan melengkapi pendapat siswa tentang tentang pola penyelesaian
penjumlahan bilangan bulat positif dengan bilangan bulat negatif dan
penjumlahan bilangan bulat negatif dengan bilangan bulat positif dengan kartu positif
dan kartu negatif dengan beberapa contoh soal. Misalnya 7 + ( - 3 ) = ....
4)
Siswa
diberikan kesempatan bertanya jawab tentang materi yang belum jelas.
5)
Guru membagi
siswa menjadi beberapa kelompok kecil ( 3 - 4 orang) untuk berkompetensi
menjawab soal yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan bulat positif dengan
bilangan bulat negatif dan penjumlahan bilangan bulat negatif dengan bilangan
bulat positif dengan kartu positif dan kartu negatif melalui LK.
6)
Guru
dan siswa secara bersama memilih dan menentukan juara hasil kompetensi.
c.
Konfrimasi
:
1)
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok atau siswa yang telah menyelesaikan LK
dengan hasil yang terbaik.
2)
Dengan
bimbingan guru, siswa merefleksi kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman
belajar yang dilakukan.
3)
Guru
memberi balikan dan memotivasi siswa yang kurang atau belum berpartisipasi
aktif.
3.
Kegiatan
Akhir :
a.
Siswa
difasilitasi oleh guru menyimpulkan tentang penjumlahan bilangan bulat positif
dengan bilangan bulat negatif dan penjumlahan bilangan bulat negatif dengan
bilangan bulat positif.
b. Siswa menjawab pertanyaan secara tertulis
yang telah diajukan oleh guru berdasarkan materi yang telah diajarkan.
c.
Tindak
lanjut siswa berlatih di rumah tentang penjumlahan bilangan bulat positif
dengan bilangan bulat negatif dan penjumlahan bilangan bulat negatif dengan
bilangan bulat positif.
E.
Alat
dan Sumber Belajar :
a.
Depdiknas,
2006, KTSP, Matematika kelas 4 SD hal 425, BNSP, Jakarta
b.
Klaten
2006, Matematika untuk kelas IV SD / MI , Penerbit Cempaka Putih, halaman 171 -
172.
c.
Jakarta
2007, Matematika kelas 4 SD/MI, penerbit Yudhistira, halaman 102 – 103.
d.
Kartu
positif dan kartu negatif.
e.
Lembar
Kerja Siswa.
F.
Penilaian
:
Teknik : Tes Tertulis
Bentuk
Intrumen : Isian
Instrumen
(soal) :
Tentukan hasil penjumlahan bilangan bulat di bawah ini !
1.
12 +
( -5 ) = ....
2.
6 + (
-11 ) = ....
3.
– 10
+ 7 = ....
4.
– 9 +
14 = ....
5.
4 + (
-12 ) = ....
6.
15 +
( -6 ) = ....
7.
– 13
+ 8 = ....
8.
– 6 +
14 = ....
9.
11 +
( -9 ) = ....
10.
– 8 +
15 = ....
Kunci Jawaban :
1.
7
2.
- 5
3.
- 3
4.
5
5.
- 8
6.
9
7.
- 5
8.
8
9.
3
10.
7
Mengetahui,
|
Sambas, 2011
ERMY SUMIATI, SPd.
|
Bagus, ijin cuplik ya
BalasHapus